TINGKATAN & SISTEM PENDIDIKAN

1.    Tingkat SLTP(Mts)
Tahap I, Pendidikan Pesantren Teknologi Madani akan dimulai dari Tingkat SLTP (Mts), mengingat bahwa di lingkungan pondok pesantren telah tersedia 1 (satu) Sekolah Dasar Negri dan 1 (satu) Madrasah Ibtidaiyah, yang selama ini mereka melanjutkan pendidikan SLTP ke luar daerah, diharapkan para lulusan kedua sekolah tingkat dasar tsb sebagian dapat diterima sebagai calon santri pondok setelah lulus seleksi. Disamping itu adanya beberapa Sekolah Dasar di Tetangga desa (diluar) Kelurahan Jeron yang selama ini juga melanjutkan sekolah yang cukup jauh dari tempat tinggalnya, Pesantren dapat dijadikan salah satu pilihan untuk melanjutkan pendidikan bagi putra putrinya. Hal ini didukung dengan lokasi  yang relatip dekat, dan adanya sarana jalan yang memadai  berikut sarana transportasi pedesaan (angkutan pedesaan).
2.    Tingkat SLTA(Aliyah)
Jenjang pendidikan ini dimaksudkan Untuk menampung lulusan SLTP(Mts) yang dihasilkan oleh internal pondok, dan lembaga pendidikan lainnya yang berada di daerah sekitar maupun dari luar daerah, mengingat belum tersedianya alternatip pilihan lembaga pendidikan Islam sejenis yang modern berbasis teknologi, dan mempunyai keunggulan-2 lainnya.

3.Output yang diharapkan
Kwalitas lulusan Program pendidikan pesantren tingkat ini adalah merupakan target unggulan dan merupakan barometer   keberhasilan lembaga pendidikan Pesantren Teknologi, yang diukur dari prestasi  nilai akademik dan tingkat kelulusan, yaitu :

Dapat berkomunikasi aktif secara lisan dan tertulis dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris,
Khusus bahasa Inggris pada akhir pendidikan dapat mencapai nilai toefel minimal 450.
Menghasilkan tenaga-2 menengah terampil yang  mandiri dan dapat diterima di dunia kerja  /usaha sekaligus sebagai kader-2 dakwah.
Menghasilkan SDM Islami yang cerdas, bertaqwa, ber akhlakul karimah, mampu menguasai dan menghafal Al Qur’an sesuai target (minimal 10 juz), dan konsisten melaksanakan ajaran islam berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.
Memiliki keterampilan dan menguasai perangkat multimedia sesuai teknologi terkini.
Dapat diterima di Lembaga Pendidikan Tinggi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

4.Tingkat SD/Ibtidaiyah dan TK/PAUD.
Jenjang pendidikan SD dan TK/PAUD kami rencanakan dalam tahap II pembangunan pondok, dengan pertimbangan bahwa, di lingkungan kelurahan Jeron telah tersedia 2 (dua) buah sekolah Dasar dan TK, belum termasuk Sekolah-2 yang berada di sekitar Kel. Jeron. Disamping itu kami masih akan melihat apakah kualitas lulusan SD yang telah ada dapat memenuhi standar akademik untuk diterima di pondok pesantren teknologi Madani. Dalam rangka meningkatkan daya saing dan mutu pendidikan dasar, kami tetap berencana untuk mendirikan Jenjang pendidikan dasar ini guna meningkatkan dan menjaga kualitas calon siswa  pondok, agar diperoleh standar lulusan yang optimal.

 
5.Persyaratan calon santri

Mengingat bahwa sejak dari awal perencana design Pondok Pesantren ini adalah modern, bermutu, dan mempunyai banyak keunggulan, dimana pelaksanaan opersionalnya akan dimulai dari tingkat Tsanawiyah/SLTP, maka persyaratan utama calon santri yang dapat diterima al :
Telah lulus & berijazah SD/Madrasah Ibtidaiyah
NEM dari hasil UNAS. minimal nilai rata-2 setiap mata pelajaran adalah 7,5.
Dapat berbahasa Arab dan Inggris secara lisan – tulisan minimal pasif.
Sudah menguasai hafalan Al Qur’an Juz Amma minimal setengan (1/2) Juz.
 
6.Biaya Pendidikan Santri
    Konsep pembiayaan pendidikan di Pondok Pesantren Teknologi Madani direncanakan melalui
pola subsidi silang, mengingat bahwa peserta didik maximal 50% dari kapasitas yang ada  di
alokasikan kepada para dhuafa, fakir miskin dan yatim piatu yang pandai/cerdas, tetapi tidak
mempunyai kemampuan keuangan.

Mengingat bahwa Biaya pengelolaan Pondok Pesantren amat sangat besar, maka konsep
subsidi silang tsb di siasati dengan pola pembiayaan  sbb :
Tetap mengharapkan bantuan yang tidak mengikat dari masyarakat, lembaga-2 sosial keagamaan, instansi swasta/pemerintah, tetapi kami juga Tidak ingin selalu menggantungkan hidup dari bantuan  fihak lain.
Untuk memberikan kesempatan yang sama kepada calon santri yang mampu secara ekonomi & akademik, yang ingin belajar di pondok  pesantren teknologi Madani.
Untuk mengangkat harkat & martabat/harga diri & citra umat Islam, bahwa tidak semua dan tidak selamanya umat Islam selalu dibantu/dibiayai.
Bahwa umat Islam itu kuat, dan mempunyai kemampuan/kemandirian untuk membiayai dirinya sendiri.
Memacu dan mendorong kreatifitas Yayasan untuk menggali sumber-sumber pendapat an baik secara mandiri, maupun bekerja sama bisnis dengan masyarakat sekitar pondok, serta instansi -2 lainnya untuk membuka usaha baru saling menguntungkan.

 

Sistem Pendidikan :

1. Menggunakan SKS.

2. Kesempatan yang luas untuk mengikuti EBTA/EBTANAS.

3. Diberikan Sertifikat Kelulusan dan Ijazah Ganda (Dari Pondok Pesantren dan Negeri)

4. Diberikan Sertifikat Test TOEFL  untuk bahasa Inggris.

5. Sarana Prakatek/Laboratorium yang lengkap sesuai jurusan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Incoming search terms:

  • tingkatan sekolah pesantren
  • tingkatan sekolah islam
  • Jenjang pendidikan ponpes
  • tingkatan sekolah di pesantren
  • tingkatan pondokpesantren
  • tingkatan pesantren
  • tingkatan pendidikan islami
  • tingkatan pendidikan islam di pesantren
  • tingkat dalam pondok pesantren
  • cara mendapatkan bantuan untuk asrama pondok pesantren dari luar negrin
SEO Powered By SEOPressor